Senin, 11 Desember 2017

PELAKSANAAN RIP UNIT KERJA

Pada tahap pelaksanaan, kami menyadari bahwa pembiayaan menjadi faktor penting. Dan karena itu, upaya untuk menemukan sumber-sumber pendanaan dari luar institusi UMSB menjadi penting, apalagi secara internal, bujet yang disediakan masih rendah. Untuk itu sumber dari luar tetap menjadi penunjang penting dan masih andalan peneliti/dosen dilingkunagan UMSB.
Beberapa skema penelitian yang dilakukan untuk pengabdian masyarakat dan penelitian dan meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah.
1. Penelitian dengan dana Hibah KEMRITEK.DIKTI
Proposal yang diusulkan periode 2015 untuk mendapatkan HIBAH KEMRISTEK DIKTI tahun 2016  sebanyak 34 proposal. Jumlah proposal yang diterima sebanyak 10 proposal. 10 proposal yang diterima adalah 1 proposal Hibah Fundamental, 2 proposal Produk Terapan, 1 proposal Hibah Doktor, 6 proposal pemula. Untuk tahun 2016 diusulkan 36 proposal.
  • Penelitian dan pengabdian dengan dana Instansi Pemerintah daerah.
Untuk tahun 2016 terdapat 3 proposal penelitan melalui dana atau kerjasama dengan instansi pemerintah daerah. 2 penelitian kerjasama dan pendanaan dari Dinas Pendiikan Kabupaten Lima Puluh Kota.
3. Penelitian mandiri
Adalah penelitian yang dilakukan secara perorangan atas berkelompok oleh staf pendidik dari fakultas/unit yang sama dengan dana yang berasal dari anggaran fakultas/unit. Skema ini ditujukan bagi para peneliti muda dan pemula yang belum punya banyak pengalaman melakukan penelitian. Peneliti senior tidak tertutup kemungkinan menggunakan skema ini untuk keperluan penelitian awal, studi pustaka dsb.
  • Kerjasama dengan NGO.
Kerjasama penelitian dan pengabdian dengan Organisasi Muhammadiyah atau amal-amal usaha Muhammadiyah seperti PDM Kabupaten-Kota, Lembaga Keuangan Muhammadiyah, Rumah Sakit dan Klinik Muhammadiyah dan ll, serta NGO lain diluar Muhammadiyah seperti REED+ bidang kehutanan.
 

Info